Dari School Girls Tinggi untuk Perempuan Definitif


Jika ditanya berapa banyak mereka merasa hidup mereka telah berubah dalam empat tahun terakhir, apa yang akan menjadi tanggapan mereka?

Selama empat tahun terakhir, SNSD tidak hanya mendominasi musik Korea tetapi juga telah menyebarkan musik mereka di luar negeri – bahkan mendominasi industri musik kedua di dunia terbesar di Jepang – yang telah menerima mereka dukungan seluruh dunia. Salah satu topik yang sering pergi berita adalah kedewasaan mereka meningkat, dimana perempuan memiliki rendah hati menjawab bahwa tidak mengherankan, ada hubungan yang jelas antara usia / pengalaman dan kematangan. (Bahkan, mungkin akan lebih mengkhawatirkan jika tidak ada perubahan apapun.) Setiap kali subjek dibawa dalam wawancara, mereka dengan sopan setuju untuk itu, tapi mungkin mereka tidak sepenuhnya menyadari betapa berat pernyataan ini benar-benar memegang dan persis berapa banyak bahwa pertumbuhan dipercepat bukan hanya kejadian alam – yaitu, dari tangan mereka atau fakta hidup yang tak terelakkan. Sebagai fans, kita tahu bahwa ada lebih kematangan mereka dari “hanya semakin tua.”

Jatuh tempo Gambar:

Hal ini jelas bahwa SNSD yang sangat rendah hati dan bersyukur tentang popularitas memuja mereka sudah memperoleh seluruh dunia, dan tentang fakta yang tak terbantahkan bahwa hal ini hanya akan mendapatkan yang lebih baik dari sini. Meskipun mereka adalah kelompok multitalenta dan beragam, popularitas mereka sebagian besar terjadi berkat citra mereka yang menarik bagi kedua jenis kelamin dan semua usia: proporsi tubuh bersih dan pembunuh S-garis, sangat indah, wajah muda, dan kemampuan mereka untuk pujian mengatakan fitur fisik dengan berani, tarian cairan yang tampaknya mudah panggung (yang benar, hampir kejam, sifat dari rutinitas yang melelahkan menjadi jelas bagi Sone khas ketika ia mencoba untuk menggesek tidak begitu ramping kaki mereka di tanah dan masuk ke udara tanpa terguling atau menarik otot atau menjentikkan dari sepatu mereka selama paduan suara Jin, DJ, meletakkannya untuk beristirahat). Bagi banyak orang, saya yakin, jatuh cinta dengan gadis didahului benar-benar jatuh cinta dengan musik dan ini adalah karena sesuatu tentang citra mereka – apakah itu, cepat shimmies samping sengaja gerakan kaki kepiting menggoda, mengedip dari Tiffany (yang satu akan segera mencari tahu adalah apa yang dikenal sebagai senyum menawan mata nya) yang mencuri detak jantung Anda selama beberapa saat, atau gambar-sempurna pembentukan sembilan anak perempuan – lebih menawan dari musik itu sendiri.

Sebagai penggemar berdedikasi, sekarang kita tahu bahwa sekali kita telah memasuki dunia Soshi, melihat masa lalu hanya gambar mereka dan berfokus pada musik yang sederhana untuk dilakukan, tapi untuk pendatang baru atau pendengar sesekali, gambar memainkan peran yang jauh lebih besar. Hal indah tentang SNSD bahwa mereka telah menganut berbagai konsep citra serta semua jenis musik. Tidak peduli yang zaman Anda tersandung ke dalam keberadaan Soshi, ada yang terikat untuk menjadi sesuatu tentang mereka yang menarik mata Anda, telinga Anda, dan akhirnya hati Anda.

Sebelum Si Rewel Nitpick: musik tidak memainkan sebagian besar di banding mereka, aku tahu itu. SNSD yang menarik untuk demografi bervariasi karena array yang luas dari faktor, termasuk kualitas mantap dalam musik. Dan anak, apakah mereka bernyanyi dengan baik, juga. Kita mungkin memiliki lagu favorit kami dan favorit kami sedikit, tetapi tidak ada menyangkal bahwa musik mereka secara konsisten baik. Mungkin itu salah untuk mengatakan gambar yang mendahului musik. Sebaliknya, saya harus mengatakan bahwa mantan meningkatkan kedua, terutama ketika ada beberapa kasus di mana lagu-lagu yang dirilis sebelum video musik sebenarnya. Terutama ketika kita terus mendengarkan album mereka bahkan ketika tidak ada promosi untuk lagu tertentu. Semua estetika adalah kunci.

Meneliti bagaimana mereka telah datang ke tempat mereka sekarang, satu karakteristik terlihat adalah bahwa mereka sebagai suatu kelompok telah berubah secara signifikan. Ini mungkin dimainkan sedikit, tapi untuk mengatakan bahwa SNSD telah semakin matang mungkin adalah pernyataan paling akurat. Mereka tumbuh tahun lebih tua oleh tahun setelah semua, dan dengan usia kedewasaan alami datang. Apa yang memisahkan SNSD dari kelompok lain adalah bahwa pertumbuhan ini tampaknya melampaui rentang waktu khas untuk hal itu terjadi. Seperti yang saya katakan, menjadi lebih matang seiring berjalannya waktu adalah proses alami, tetapi bagi seseorang (atau sembilan someones) untuk menampilkan kecanggihan cepat dan substansial seperti di dunia musik profesional biasanya dapat dianggap sebagai berlebihan, palsu atau luar biasa cepat matang. Tapi ini tidak berlaku untuk SNSD. Ketika Anda memecah karir mereka, itu benar-benar tidak percaya. Bahkan, itu mengagumkan.

Pada tahun 2007, SNSD memasuki musik Korea sebagai remaja, gadis sekolah tinggi, beberapa bahkan mengatakan adik. Citra mereka adalah murni dan murni, memikat tapi sederhana. Segala sesuatu tentang mereka adalah alam, dari warna rambut mereka untuk tersenyum muda mereka. Mereka melambangkan bahwa gadis yang duduk di sebelah Anda di kelas matematika dan yang membantu Anda dengan aljabar kuadrat (dan pada dasarnya segala sesuatu yang lain di silabus), dan meskipun Anda tertawa ketika teman-teman Anda mengejek lembut suaranya dan sikapnya sopan, Anda selalu mencuri sekilas ketika punggung mereka berbalik. Gadis Anda ingin berjalan pulang. Tapi saya ngelantur. Ketika Anda menonton pertunjukan debut mereka, Anda mendapatkan arti dari eksekusi tanpa cela dari koreografi yang rumit namun bebas bersemangat bahwa gadis-gadis – yang pada waktu itu hanyalah cewek rookie kelompok memulai debutnya – dilatih dan dipraktekkan dengan dedikasi yang tulus dan resolusi. Sudah sejak hari pertama adalah mereka di puncak permainan mereka, dan yang menunjukkan dari respon besar berikut debut mereka. Lalu datanglah fase melambaikan permen lolipop menyenangkan koreografer, mempertahankan terlihat tidak bersalah sebelum hiatus.

Selama tahun 2009 comeback mereka dengan ceria dan gila-gilaan tak tertahankan “Wah,” – bisa dibilang lambang pop permen karet – tampilan baru muncul: kita melihat kecenderungan gadis-gadis ‘untuk bersifat rendah-tombol T-shirt dan skinny jeans, beraksen tidak hanya lucu warna tetapi juga mereka yang panjang, kaki yang jenjang. (Tidak sembarang orang bisa pull off skinny jeans.) Khususnya, mereka tampak lebih matang. Bernyanyi tentang jatuh cinta pada pandangan pertama dan kejutan itu memukul Anda tepat di wajah, mereka masih lucu, masih polos menawan, tetapi telah menjadi wanita muda. Mereka kini menari-nari di tumit. Tak perlu dikatakan popularitas mereka meroket.

Pada tahun yang sama, dengan apa yang bisa disebut sisi lain dari “Wah,” SNSD ditindaklanjuti hit mereka tunggal dengan “Tell Me Your Wish”: menggoda dan seksi dalam setiap cara yang mungkin, dari lirik berbisik-bisik mereka untuk wajah keras mereka . Seolah-olah menggoda dengan Anda melalui koreografi (dan dengan itu, saya khususnya maksud dengan cara kaki mereka), konsep maritim memerintahkan gadis-gadis ‘itu mudah untuk menjadi kecanduan – rambut diluruskan agar sesuai tidak hanya postur tinggi mereka berdiri tetapi juga mereka yang panjang tungkai dan seragam putih bersih, blush disikat di dalam coretan diucapkan, menonjolkan mereka yang menatap tak tergoyahkan dalam, dan, mungkin yang paling penting, cemberut merah yang sempurna dilukis di. (Sunny ~) Transformasi mencolok menandai suatu pergeseran besar dalam kedewasaan gadis-gadis ‘meningkat. SNSD mungkin sudah mulai karir mereka dalam sebuah kebingungan twirls muda, tetapi, hanya dua tahun kemudian, mereka telah menjadi wanita bangsa yang paling diinginkan.

2010 melihat aneh SNSD “Oh!”, Lagu kebangsaan bagi oh-oh-oh-oppas yang mengambil gadis-gadis lebih jauh ke K-pop wilayah. Pikirkan pom-pom, pita warna terkoordinasi untuk menahan semburan ekor kuda tinggi, seragam olahraga, dan kaus kaki tinggi. Kembali ke sekolah tinggi, Anda mungkin berpikir – tapi kali ini bukan gadis lugu di kelas matematika yang Anda kagumi dari jauh. Kita bahkan tidak ingat namanya. Mungkin tidak tinggi bahkan sekolah lagi. Perguruan tinggi. SNSD telah menjadi penggembira kepala, gadis-gadis riuh yang Anda bisa mendengar dari ujung lain lapangan, bersorak-sorai Anda pada saat pertandingan sepak bola besar. Gadis-gadis yang Anda membalasnya mengaum mereka dengan adorasi dari sedekat Anda bisa mendapatkan.

Pada akhir video “Oh” musik, penggemar menangkap sekilas Soshi mencari Hitam terkenal (meskipun saya lebih suka Badass Soshi), yang segera akan mempromosikan sebuah lagu yang akan menjadi lagu kebangsaan bagi perempuan seperti mereka: lagu untuk katakanlah kepada oppas yang terlalu dekat, atau yang hanya bajingan, persetan. Sejauh ini saya telah hanya digunakan analogi diarahkan pada kipas stereotip laki-laki, dan yang telah terutama benar dari strategi gambar di balik lagu SNSD masa lalu. Namun, sebagai kelompok gadis, mereka secara alami jatuh ke jalan tengah. Anak perempuan dan anak laki-laki sama (dan perempuan dan laki-laki dan orang tua …) memuja mereka, jadi tentu saja langkah logis berikutnya akan untuk memenuhi seks lebih adil. Dibalut hitam-hitam (tidak, benar-benar, dari kepala sampai kaki, menyanggah klise bahwa kulit telanjang merupakan seksi), konsep gelap SNSD – ditekankan oleh keras lagu itu, lirik tak berperasaan dan ekspresi dendam gadis-gadis ‘- terus penonton di tepi mereka kursi, meninggalkan penggemar hubungan seks tergoda namun gelisah. Tidak ada yang fucks dengan Black Soshi.

Di tengah promosi mereka di Jepang (di mana mereka ditinjau kembali baik Jin dan konsep Gee) di dekat akhir tahun, gadis-gadis merilis mini album ketiga mereka-Korea, judul lagu nya “Hoot” tembak-menembak-tembakan ke puncak tangga lagu. Dengan campuran mod 60 dan retro-terinspirasi pakaian – pikir pola-pola geometris besar dan tombol dan garis aksesoris yang menyertainya menampilkan sabuk melengkung, ikat kepala penuh seni dibumbui, sepatu bot paha yang tinggi, dan topi dan mantel dihiasi dengan bulu mink – tak heran sembilan wanita mampu menangkap kembali nomor satu di chart musik Korea. Sekali lagi, gadis-gadis ditampilkan fleksibilitas mereka saat mereka mengenakan couture spionase 007, sebuah kemunduran untuk 60-an / 70-an, yang lebih cocok bagi seorang wanita canggih dengan nafsu berkelana dan daya tarik seks dari seorang gadis SMA yang tidak pernah meninggalkan negara itu.

Melewatkan depan untuk Juni 2011, SNSD – atau harus saya katakan Shoujo Jidai s – album Jepang pertama diumumkan dan gambar baru terungkap. “Malaikat” adalah komentar pertama saya baca setelah melihat konsep baru, dan tentu saja cocok pikiran awal saya. Pikirkan F Scott Fitzgerald The Great Gatsby. Pikirkan Roaring Twenties. Seluruh konsep dienkapsulasi dengan cara mimpi dan disposisi mereka yang tinggal di kemakmuran di tahun 1920-an: kaya, angkuh, lesu, malaikat, tak tersentuh, benar-benar indah, patung-esque. Lihatlah foto ini:

Fitzgerald menggambarkan adegan: “. Obyek stasioner … hanya benar-benar merupakan sofa besar yang [sembilan] perempuan muda terbuai hingga seakan berlabuh pada sebuah balon” Semua sembilan berpakaian serba putih, “gaun mereka beriak dan berkibar seolah-olah mereka telah ditiup kembali setelah penerbangan singkat di sekitar rumah … “diragukan lagi mimpi, ketika melihat konsep ini seseorang tidak dapat membantu namun merasa tak nyata atau lamunan fantastis, suatu jenis ambigu belum dipertanyakan kalpa kemurnian jauh dari debut mereka tahun , dan aura tertentu kematangan dan kecanggihan jauh melampaui tahun mereka. Itu mudah, namun begitu seksi.

Dengan usia, hal-hal yang berevolusi, gadis-gadis telah tumbuh sejak Menuju Dunia Baru dan itu tak terbantahkan bahwa citra mereka – wajah mereka, tubuh, konsep – telah berubah, telah menjadi lebih canggih. Mereka telah ditampilkan fleksibilitas mengesankan sepanjang tahun melalui konsep-konsep banyak, dan bahkan memeluk ansambel bahwa beberapa akan menemukan yang aneh, namun menarik mereka dari sempurna. Selanjutnya menerangi setiap konsep yang berbeda tentang keindahan sembilan anggota. Berapa kali Anda melihat sebuah foto baru, baik itu dari pemotretan atau jaket album atau kinerja atau bahkan bandara jujur, dari setiap sembilan dan berpikir, “Wow, dia cantik”? Kemudian Anda melihat foto lainnya dan ulangi pikiran yang sama, mungkin kali ini sedikit lebih tegas (“Kudus sialan, dia cantik”) tapi perasaan yang sama, mengingatkan dari sengatan udara dingin segar yang hits Anda di wajah, kejutan hampir mengganggu saat Anda melangkah keluar dari rumah Anda pada hari musim dingin, masih merayap pada Anda. Ini beralasan karena meskipun diharapkan, tapi masih benar-benar mengejutkan pada waktu yang sama. Apa yang begitu mencolok tentang SNSD adalah bahwa dalam setiap foto, video musik atau kinerja (dan saya hanya bisa membayangkan secara pribadi), mereka terus bersinar, dan itu adalah jelas bahwa ‘terlihat matang’ mereka menjadi lebih jelas seiring berjalannya waktu. Orang-orang melihat perubahan ini karena banyak konsep dan terlihat mereka telah diambil pada, masing-masing menonjolkan kematangan berkembang mereka.

Profesionalisme:

Satu hal terakhir sebelum saya selesai: Saya ingin berbicara tentang profesionalisme mereka. Artikel ini tampaknya seperti itu tidak akan berakhir dalam waktu dekat jika saya terus memecah perubahan dalam gaya musik dan sebagainya, jadi aku hanya akan membulatkan ini dengan satu pikiran terakhir. Gadis-gadis telah membuktikan diri untuk menjadi profesional di dunia musik; meskipun hanya memulai debutnya ketika mereka remaja, mereka harus terus bekerja rajin, tampil di variety show yang tak terhitung jumlahnya di mana mereka telah ditampilkan mereka yang berbeda, kepribadian menyenangkan, terlibat dalam proyek-proyek lain selain SNSD (dari radio hosting yang menunjukkan untuk membintangi top-rated drama untuk co-hosting menunjukkan musik), melakukan konser penuh setelah konser (berpikir tentang semua koreografi itu dan semua lagu-lagu), terbang dari satu negara ke negara lain seakan menangkap bus dan hanya kembali untuk melakukan panggung, mereka membuat penampilan televisi banyak dan tak terhitung jumlahnya dan menembak CF photoshoots, mendukung produk setelah produk (meskipun dalam semua jujur, jika SNSD didukung stapler, kita semua akan membeli yang stapler). Jangan lupa tentang mereka harus memeras dalam waktu untuk belajar dan sempurna tarian dan lagu baru. Di mana mereka mendapatkan waktu ini dari, yang bercinta tahu.

Selama empat tahun, beban kerja yang setiap anggota menjalankan bahunya tampaknya meningkatkan, menyulap semua yang pasti menunjukkan bahwa mereka telah menjadi profesional sangat mampu dalam industri hiburan. Tapi apa tidak berubah – atau lebih tepatnya, apa yang menjadi lebih jelas – adalah apresiasi mereka yang teguh, kerja keras dan tingkat-headedness. Mereka gigih, dan untuk berhasil dalam industri yang kompetitif, Anda perlu tahu bagaimana untuk mendorong diri sendiri dan bagaimana untuk bekerja dengan baik dengan orang lain – yaitu, tidak hanya anggota kelompok Anda.

Yang saya maksud adalah ini: itu satu hal untuk bekerja secara profesional dengan orang lain, memelihara agak jauh “profesional” hubungan, tapi itu hal lain untuk bekerja dengan kasih sayang terhadap orang lain, untuk orang lain, dan ke dalam pekerjaan yang Anda lakukan. Kita semua pernah mendengar cerita tentang Taeyeon menangis sebagai akibat dari melihat staf makan di lantai dan benar-benar memiliki inisiatif untuk melakukan sesuatu tentang hal itu. Kita semua telah mendengar suara keras mereka, sungguh-sungguh “kamsahamnidas” dan melihat orang-orang 90-derajat busur tegas diberikan kepada setiap orang bekerja di belakang layar, tanda-tanda kasih sayang dan rasa syukur tidak pernah asal-asalan tetapi selalu tulus. Salah satu bagian favorit saya tentang menonton fancams konser adalah berakhir hanya karena busur sepenuh hati mereka untuk para fans, pada akhir dari sepuluh detik, mata mereka selalu bersinar – dan itu sendiri adalah hal yang indah indah. Saya pikir apa yang membedakan profesionalisme SNSD adalah bahwa mereka telah menemukan bahwa ada sesuatu yang berarti dan signifikan dalam semua pekerjaan yang mereka lakukan, yang berasal dari memiliki hubungan kasih sayang dengan mereka yang bekerja dengan mereka dan mereka mendukung mereka. Dan tentu saja, karena satu sama lain untuk bergantung.

Selain itu, saya merasa bahwa setelah Anda mencapai posisi tertentu (dalam bidang keahlian), Anda dapat dengan mudah melupakan diri sendiri dan harapan adalah Anda untuk menjunjung reputasi itu. Namun, jika Anda melakukan sesuatu dengan cara berulang untuk mengurangi risiko atau kegagalan, menjadi jelas bahwa profesionalisme adalah pembatasan. Pelanggaran konstan dan pertumbuhan adalah penting – dan saya merasa ini adalah mengapa SNSD melampaui “profesionalisme” dalam arti normal: mereka tidak takut untuk membuat kesalahan atau merangkul ide-ide baru dan terus mencoba untuk mengalahkan diri mereka sendiri bagi dirinya dan bagi para penggemar. Inilah sebabnya mereka bisa disebut perempuan muda dewasa dalam arti profesional, terbukti bahwa meskipun prestasi yang luar biasa, sembilan wanita tidak membiarkan keberhasilan mereka mendominasi hidup mereka mereka juga tidak pernah menjadi puas.

Jadi kembali ke pertanyaan baru jadi: apa yang akan menjadi respon SNSD jika ditanya berapa banyak mereka merasa hidup mereka telah berubah sejak empat tahun lalu memulai debutnya? (. Maafkan bahasa liris di sini) Saya membayangkan mungkin pergi sesuatu seperti ini:

Taeyeon, yang saya hanya bisa membayangkan jika ditanya pertanyaan itu, akan melepaskan tawa manis-hitam yang terdengar seperti jika harus berasal dari ahjumma 60 tahun beruban daripada seorang wanita muda berwajah segar. Dalam kontras, yang maknae, Seohyun, akan pada awalnya sedikit cemberut bibir dan alur alisnya dan merenungkan pertanyaan di tangan, sebelum konsentrasi rapi ditampilkan di wajah menawan nya tiba-tiba berubah menjadi ekspresi melongo malu (jangan lupa yang blubbery “unnie!” meninggalkan mulutnya (sepertinya ini sudah menjadi refleks)) setelah mendengar suatu komentar, dewasa kekanak-kanakan dari Hyoyeon. Yoona akan pergi bersama dengan olok-olok yang konyol Hyoyeon, lemak aegyo bawah matanya mendorong mereka ke atas sehingga mereka menjadi tak terlihat – tetapi ini hampir terlewatkan karena mulutnya menganga seperti buaya-yang mencakup sebagian besar wajahnya. Sooyoung dan Yuri akan dikonsumsi dalam percakapan yang mendalam, baik menyeringai dan menanggapi satu sama lain dengan serius, ekspresi mengundang dan terkejut (petunjuk: topik pembicaraan biasanya berhubungan dengan kata ‘dikonsumsi’). Sunny dan Tiffany akan bereaksi terhadap segala sesuatu di sekitar mereka dalam serangkaian gerakan dendeng menampilkan paha-menampar dan bertepuk tangan (Tiffany tidak mampu mempertahankan sikap nya terdiri Manajer Hwang untuk waktu yang lama). Dan terakhir, Jessica mungkin akan menatap kosong ke depan, mungkin berusaha menahan senyum, hanya mendengarkan percakapan kasar, tidak relevan dan lucu diantara anggota lain yang membentuk suasana yang menyenangkan bahwa dia tidak pernah bosan selama empat tahun terakhir .

Siapa yang tahu apa mereka benar-benar akan berkata? Pada akhirnya, hanya memiliki gagasan tentang bagaimana mereka akan bereaksi terhadap pertanyaan seperti itu mengatakan secara keseluruhan lebih banyak. Akhirnya, sembilan anggota SNSD mungkin telah menjadi perempuan, tapi dalam hati mereka masih gadis yang sama mereka empat tahun lalu.

Saat kita mendekati ulang tahun 4-SNSD, menjadi jelas bahwa mereka telah datang dari jauh sejak hari debut mereka. Mengatakan “Oh ya, mereka sudah jatuh tempo” adalah satu hal, tapi tahu persis mengapa itu terjadi adalah wajib untuk Sone khusus. Dari selalu berubah citra mereka, untuk kecantikan abadi mereka, kemampuan mereka sebagai penyanyi, untuk profesionalisme berwenang mereka, gadis-gadis ini tidak hanya telah matang, connoting perubahan alam: mereka sudah anggun berkembang dan makmur dan berkembang dan [masukkan setiap lainnya sinonim di sini] karena tak henti-hentinya etika mereka, bekerja ulet, semua sambil tetap berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu mereka sampai ke tempat mereka sekarang dan selalu menjadi rendah hati tentang prestasi mereka yang luar biasa. Tidak ada keraguan bahwa sembilan wanita telah matang dalam semua definisi kata dan akan terus meningkatkan dan menjadi pemain lebih baik. Pertumbuhan yang mencolok mereka begitu dikenali karena tidak ada satu – dan maksud saya tidak ada – bisa memperkirakan jumlah ini keberhasilan dan perubahan selama mulia SNSD empat tahun.

Secara kolektif, mereka telah berubah. Tapi apa yang begitu mengagumkan, luar biasa dan menarik tentang SNSD bahwa sebagai wanita sembilan individu, mereka tidak lupa siapa mereka dan siapa mereka ingin menjadi.
Kami mengasihi Anda, Jadi Nyuh Shi Dae!
Selamat ulang tahun ke-4! Selamanya SNSD ~

Written by catfatcat@snsdkorean.com
Images: as tagged (snsdchina.net, jessture.net, thsutleo.com); SM Entertainment

About TaeyeoNia

I'm just ordinary girl . I am very very very like SNSD !! especially Taeyeon :*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: